Sunday, April 13, 2014

5 Cara Mengamankan Komputer dari Serangan Malware

Malware

          KULI Posting - yah akhirnya sebentar lagi blog ini akan berumur 3 bulan, diharapkan artikel kami lebih berkualitas lagi mohon masukkannya, kali ini kami akan kembali membuat kategori baru yaitu Komputer. Untuk artikel pertamanya kami akan membagikan cara untuk "5 Cara Mengamankan Komputer dari Serangan Malware".  Agar lebih jelasnya ayo kita secara singkat ketahui dulu apa itu malware (malicious software), kebanyakan orang selalu bilang virus dan virus, sebenarnya virus itu salah satu dari malware.

          Malware adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan utama mencari kelemahan software. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau sistem operasi. Contoh dari malware adalah Virus, Worm, Wabbit, Keylogger, Browser Hijacker, Trojan Horse, Spyware, Backdoor, Dialer, Exploit dan rootkit. Untuk rincian selebihnya silahkan cari saja dengan bantuan om google :)
Malware
          Selanjutnya apa saja yang seharusnya atau lebih baiknya kita lakukan terhadap PC / Komputer kita agar terhindar dari serangan malware? yang pasti pembaca artikel ini pengguna OS Windows ya, silahkan ikuti petunjuk berikut mengenai 5 Cara Mengamankan Komputer dari Serangan Malware :

          1. Selalu update OS Windows anda melalui windows update pada control panel, dengan begitu ketika ada pembaruan baru maka biasanya selalu ada perbaikan untuk keamanan sistem operasi komputer anda agar lebih mantap lagi dari serangan malware yang tidak diinginkan.

          2. Pasang antivirus terbaru, dengan update database definisi virus/malware terbaru, disini kami malah memakai 3 antivirus, yaitu Avast Internet Security, Smadav dan KompasAV semua dengan versi terbaru, selama ini berhasil dari serangan malware.

          3. Gunakan atau cari antivirus dengan firewall. Firewall itu sangat penting untuk menyaring dan mengawasi data yang dikirim dan diterima lewat internet, sayangnya banyak orang yang mematikan fitur ini pada sistem operasi windows karena menganggapnya mengganggu.

          4. Gunakan Password yang kuat, entah benar atau tidak kami hanya mengikuti sumber yang kami ketahui, buatlah password untuk windows anda dengan kombinasi simbol huruf besar maupun kecil dan angka, misalnya : ^%7273txZgH~1

          5. Scan flashdisk yang anda gunakan, atau aktifkan fitur agar setiap ada removable disk/usb/flashdisk langsung di scan oleh antivirus anda, semisal nya seperti diatas menggunakan smadav dan kompasAV, juga jangan lupa untuk mematikan fitur Auto Play saat anda memasukan usb ke PC anda.

          Ada banyak lagi cara untuk mengamankan komputer anda dari serangan malware, meski begitu melalui pengalaman kami, kelima cara ini sudah cukup berhasil untuk kami menghindari serangan trojan horse, virus dan worm, browser hijacker, exploit dan rootkit, spyware, backdoor, dsb.

          Sekian posting kami mengenai "5 Cara Mengamankan Komputer dari Serangan Malware", mohon masukkannya dari para pembaca dan pengunjung blog sederhana KULI Posting ini, terima kasih dan tunggu kelanjutan artikel kami dari kategori Komputer.


5 Cara Mengamankan Komputer dari Serangan Malware
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

4 Komentar

Tulis Komentar

Warning !!
Komentar Anda Tidak Boleh Mengandung Unsur :
1.Penghinaan/Celaan
2.Komentar Spam
3.Link Anchor atau sejenisnya.

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak.